PRAKTEK PERIBADATAN PETANI DESA KEBARONGAN

Written By IMM Tarbiyah on Rabu, 28 September 2011 | 09.37


  1. Pernyataan

Telah diketahui bhwa petani adalah seseorang yang pekerja keras demi sesuap nasi unatuk dirinya dan keluarganya,dia bekerja dari pagi sampai sore tanpa mengenal lelah. Terkadang penghasilannya tidak seberapa,namun dia tidak pernah putus asa dan menyerah,sebab dia percaya bahwa tak ada rasa lelah yang tak membuahkan hasil semuanya telah diatur oleh yang diAtas.
Kemudian kalau dilihat dari penampilan petani Kebarongan,mereka ber penampilan apa adanya dan sangat sederhana.Begitu juga dengan sikap mereka terhadap orang lain sopan,ramah,saling bekerja sama,tolong menolong dalam kebaikan,dll.
Kemudian terkait masalah Agama,para petani Kebarongan merupakan warga yang aktif dalam menjalankan kewajibannya sebagai umat Islam.Seperti Sholat 5 waktu,Puasa,dan Zakat.Walaupun mereka bekerja dari pagi sampai sore,mereka menyempatkan diri untuk Sholat seperti,ketika waktu Dzuhur tiba mereka menghentikan aktifitasnya dan beristirahat untuk makan dan Sholat. Setelah itu melanjutan kembali pekerjaannya sampai waktu Ashar tiba. Begitu pula pada waktu malam tiba,tak sedikit dari mereka menyempatkan diri untuk Sholat Maghrib dan Isya berjamaah di Masjid.Betapa hebatnya mereka sudah bekerja seharian,kewajiban 5 waktupun tidak ketinggalan.Sugguh pemandangan yang langka…!

Kemudian untuk kewajiban yang lainnya seperti Puasa,para petani Kebarongan justru lebih semangat lagi dalam bekerja dan pergi ke sawah,sampai-sampai ada petani yang berangkat ke sawah sehabis makan sahur.Karena bagi mereka bertani merupakan kesibukan yang bisa dibilang pekerjaan yang mulia,suatu pekerjaan yang mengharusksn keikhlasan dan Tawakal serta menjaga diri agar tidak berbuat curang terhadap tetangga sebelah.Bulan Puasa menurut mereka bulan yang penuh Berkah,walaupun mereka berpuasa seharian,mereka senantiasa bekerje bahkan lebih dari biasanya,mereka beribadah mencari pahala dengan bertani.Selanjutnya pada waktu malam tiba,merekapun sudah siap untuk mengerjakan Amalan-amalan Puasa seperti,berbuka puasa,Sholat Tarawih,sampai pada Tadarus Al-Qur’an pun mereka lakoni,bener-bener orang yang beruntung.
Dan ketika bulan Puasa berakhir dan Hari Raya Idul Fitri tiba,banyak dari para petani Kebarongan yang menyisihkan hasil panennya untuk dizakatkan ke yang membutuhkan,akan tetapi banyak juga dari mereka yang menerima Zakat.Dan pada pagi harinya mereka sudah siap menyambut hari Kemenangan setelah berpuasa selama 1 bulan.

  1. Kesimpulan
Dari uraian-uraian pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa,Ekspresi Keberagamaan Petani desa Kebarongan,sangatlah bagus terutama dalam mengerjakan kewajiban-kewajibannya menjalankan Sholat 5 waktu,Puasa,dan Zakat.Mereka juga beperilaku sebagaimana layaknya orang muslim umum,saling berbagi,tolong-menolong dalam kebaikan dll. Karena itu mereka tidak hanya berhubungan dengan Allah Swt. Tapi juga berhubungan dengan sesamanya sesuai prinsip Hablum Minallah Wa Hablum Minannas.

Ditulis Oleh : IMM Tarbiyah ~IMM Komisariat Dakwah

IMM.Dakwah Anda sedang membaca artikel berjudul PRAKTEK PERIBADATAN PETANI DESA KEBARONGAN.

Ditulis oleh IMM Komisariat Dakwah.

Silahkan manfaatkan dengan bijak.

Blog, Updated at: 09.37