Mengulas Darul Arqam Dasar

Written By IMM Tarbiyah on Jumat, 24 Oktober 2014 | 19.33


Bicara DAD, adakah yang sudah tahu apa itu DAD? Atau barangkali ada yang masih bingung apa itu DAD? Ya!! DAD merupakan singkatan dari Darul Arqam Dasar, lebih jelasnya begini, Darul Arqam adalah salah satu atau merupakan bagian dari sistem pengkaderan yang dilaksanakan pada jenjang waktu tertentu.

Nama Darul Arqam diambil dari rumah Arqam yang namanya di nisbatkan kepada pemilik rumah Arqam ibnu Abi Arqam yang digunakan oleh Rasululloh sebagai tempat pengkaderan pertama Islam. Dari Pengkaderan tersebut lahirlah tokoh-tokoh Islam generasi pertama sekaligus Assabikunal awwaliin ( orang yang pertama masuk Islam) seperti Abu Bakar, Ali bin Abi Thalib, Aisyah, dll.

Darul Arqam merupakan pengkaderan utama tingkat dasar dari tiga tingkat pengkaderan dan merupakan kegiatan formal yang dilaksanakan oleh IMM di tingkat komisariat, khususnya oleh bidang kader. Darul Arqam adalah kegiatan wajib sekaligus prasyarat bagi mahasiswa baru atau calon pimpinan IMM di tingkat komisariat.

DAD merupakan program yang digunakan IMM sebagai wadah untuk memperkenalkan IMM kepada mahasiswa baru atau calon pimpinan yang belum mengenal IMM. Selain itu, dalam kegiatannya juga memberikan materi-materi tentang ke-Muhammadiyahan, ke-Islaman, ke-IMMan dan materi pendukung lain yang tidak kalah pentingnya.

Darul Arqam juga merupakan proses pengkaderan IMM yang diharapkan dapat menjadi pintu gerbang pencerahan bagi generasi-generasi Intelektual muslim untuk menciptakan perubahan, menjawab tantangan, dan mampu menjalankan roda organisasi IMM sebagai organisasi dakwah Islam berkemajuan. Dengan adanya pengkaderan tersebut, semoga bisa melahirkan kader muda yang mempunyai semangat Ahmad Dahlan yang siap untuk menghidupkan Muhammadiyah (IMM) dan siap berjuang demi Agama, Bangsa, dan Negara.


Ditulis Oleh:
IMMawati Amalia Tusholikha
IMM Komisariat Tarbiyah IAIN Maqdum Wali Purwokerto
KOORKOM Ahmad Dahlan
imm
Amalia

Ditulis Oleh : IMM Tarbiyah ~IMM Komisariat Dakwah

IMM.Dakwah Anda sedang membaca artikel berjudul Mengulas Darul Arqam Dasar.

Ditulis oleh IMM Komisariat Dakwah.

Silahkan manfaatkan dengan bijak.

Blog, Updated at: 19.33

0 komentar:

Posting Komentar